Set Up-Punchline

Set up & Punchline apaan sih? ini sekedar pemahaman tentang komedi. Sangat berguna buat teman-teman comic yang ingin mencoba open mic.

Dalam struktur lelucon tradisional, seorang komedian biasanya memulai dengan set-up atau punchline: "Seorang pria masuk ke sebuah bar, menangis seperti bebek ...", kemudian komedian membuat punchline itu menjadi lebih rinci: Si bartender bertanya, "Di mana kau menemukan si jelek tua ini?" Orang itu berkata, "Di toko Pet Store". Kemudian lelucon berakhir dengan sentuhan cerdas: Si bartender berkata, "Jadi sekarang Aku sedang berbicara dengan bebek?!" Dan biasanya bagian paling lucu dari lelucon tradisional itu terletak di akhir, dan harus dengan kata-kata yang menghasilkan banyak tawa dari para penonton.

Tidak semua lelucon memiliki kelucuan dalam arti klasik. Beberapa sketsa komedi hanya akan berakhir tiba-tiba, atau memudar menjadi hitam tanpa kesimpulan. Humor seringkali lebih bergantung pada aksi dan reaksi lucu komedian, bukan hanya sekedar "nge-Bacot" dengan kata-kata yang lucu saja.

Ini tips "Bagaimana cara menarik perhatian penonton?" sumber: TL @Alitt_Su


Untuk menarik perhatian audience, seorang comic seharusnya melakukan hal-hal berikut :

1. Siapkan joke "one-liner" yg punchlinenya kenceng untuk pembukaan. Dengan gitu, audience bakal interest buat nunggu joke berikutnya.

2. Buat interaksi dengan audience. Bisa dengan digoda, disapa, atau ditanya. Biar audience yg tadinya gak meratiin, jadi tertarik.

3. Gesture juga sangat mempengaruhi perform elo. Nggak usah canggung atau malu, coz when you're on stage, you're no longer you.

4. Misal loe bikin naskah, strukturnya dibikin kayak gini deh: Joke pendek-joke agak pendek-agak panjang-panjang-pendek-end!

5. sebagian comic, masih enggan make struktur "Set up-Punchline" di joke-nya. padahal tanpa itu, jadinya bakal kayak curhat doank.

Tambahan dari Gue (berdasarkan pengalaman) @EbzanOktavio :

  • Open mic itu justru untuk uji coba. Comic yang naik pun rata-rata materinya masih mentah dan plain banget. Jadi, kalo garing itu wajar hehe :p
  • Open mic membantu buat tau mana joke yang efektif buat audiens mana yang tidak. Yang efektif di develop lagi dan di re-write :)
  • Komedian harus belajar untuk disiplin --> Atittude. Waktu, materi, kebersamaan, kejujuran, ketulusan, dll. Jangan hanya pikirkan diri sendiri.
  • Open mic apaan sih? ini buat jajal manggung dan materi buat para comic. Sering disebut juga Amateur's Night.
  • Buat yang pengen jadi stand up comic atau sekedar coba-coba, datanglah ke open mic. Gratis, modal nyali dan materi :D

Semoga post gue kali ini bermanfaat untuk kalian yang akan mencoba menjajal Open mic untuk pertama kalinya.


Info: Dibuka pendaftaran openmic & jenis komedi lain (reg. Jogja) utk #SELOsoSELO #7 11/10/11 9pm @geronimocafe free!! lebih lanjut follow twitter @standupindojgj (atau bisa langsung daftar di TKP). Ditunggu partisipasi Anda. Viva la komtung!!

Penulis : asal-asalan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Set Up-Punchline ini dipublish oleh asal-asalan pada hari 2011-10-07. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Set Up-Punchline
 

0 comments:

Posting Komentar